Tugas I Pengantar Ekonomi Makro




1.      Dalam keadaan  resesi, langkah apa sajakah yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mengantisipasinya jika dilihat dari sisi moneter dan fiscal ? 
2.   Bagaimana hubungan "CIRCULAR FLOW" antara unit ekonomi rumah tangga dan perusahaan ?
 
Jawab !
1.    - Dari segi kebijakan moneter, dalam kondisi resesi perekonomian pemerintah dapat mengambil langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Operasi Pasar Terbuka
Untuk mengatasi resesi dapat dilakukan dengan menurunkan / mengurangi jumlah uang beredar yang ada dimasyarakat melalui penjualan surat-surat berharga oleh bank sentral kepada bank-bank umum. Dengan adanya penjualan surat-surat berharga ini maka tabungan giral masyarakat dan cadangan yang dimiliki oleh bank umum akan berkurang yang berarti jumlah uang beredar didalam perekonomian juga berkurang, pada gilirannya permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa juga berkurang. Berkurangnya permintaan akan menyebabkan terjadinya penurunan harga barang-barang dan jasa (inflasi berkurang).
b.      Mengubah Suku Bunga dan Tingkat Diskonto
Bank sentral menurunkan tingkat diskonto dan suku bunga pinjaman yang diberikan kepada bank-bank umum, maka biaya / bunga yang harus dibayar oleh bank-bank umum menjadi lebih murah. Pada gilirannya bank-bank umum dapat memberikan pinjaman kepada nasabahnya dengan suku bunga yang rendah pula. Jika suku bunga kredit perbankan turun maka permintaan masyarakat terhadap kredit perbankan akan naik dan ini akan menyebabkan bertambahnya jumlah uang beredar yang ada dimasyarakat.
c.       Mengubah Cadangan Minimal
Bank sentral juga dapat mempengaruhi jumlah uang beredar dengan mengubah ketetapan mengenai tingkat cadangan minimal (reserve requirement) yang harus dimiliki oleh bank-bank umum. Jika bank sentral ingin mengurangi jumlah uang beredar, maka bank sentral akan mewajibkan bank-bank umum untuk menaikan tingkat cadangan minimalnya, dan meningkatnya cadangan minimal ini akan dapat mengurangi tabungan giral pada bank-bank umum tersebut, dan dengan sendirinya akan menurunkan jumlah uang beredar, begitu juga sebaliknya.
Dari segi kebijakan fiscal, dalam kondisi resesi perekonomian pemerintah dapat mengambil langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Kebijakan Fiskal Defisit atau Ekspansif
Adalah kebijakan fiskal dimana pengeluaran pemerintah melebihi penerimaannya.
b.      Kebijakan Fiskal Surplus atau Kontraktif
Adalah kebijakan fiskal dimana pengeluaran pemerintah lebih kecil dari penerimaannya.
c.       Kebijakan Fiskal Berimbang
Adalah kebijakan fiskal dimana pengeluaran pemerintah sama / seimbang dengan penerimaannya

2.      Hubungan "CIRCULAR FLOW" antara unit ekonomi rumah tangga dan perusahaan adalah sebagai berikut :
Rumah tangga menyediakan faktor produksi (tenaga kerja, tanah, modal) bagi perusahaan. perusahaan memberikan balas jasa dari faktor produksi yang diberikan oleh rumah tangga (tenaga kerja : gaji ; tanah: sewa). dari faktor produksi yang ada, perusahaan kemudian menghasilkan/menyediakan barang dan jasa. dari hasil balas jasa yang diberikan perusahaan, rumah tangga kemudian dapat menggunakan/membeli barang dan jasa yang disediakan oleh perusahaan.








First