Welcome to ASEAN Economic Comunity era

Menyikapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN
melalui StarOfService Indonesia

Hasil gambar untuk MEA 2016 
Kesediaan Indonesia bersama-sama dengan sembilan Negara ASEAN lainnya membentuk ASEAN Economic Community (AEC) pada tahun 2015 didasarkan pada keyakinan atas manfaatnya yang secara konseptual akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kawasan ASEAN. Meski baru resmi dimulai 31 Desember 2015 nanti, genderang persaingan sudah ditabuh. Persaingan yang dimaksud tentu saja terkait persiapan tiap negara, termasuk Indonesia. Pada hakikatnya AEC adalah realisasi Visi ASEAN 2020, untuk melakukan integrasi terhadap ekonomi negara-negara ASEAN dengan pasar tunggal dan produksi bersama. Ada beberapa konsep dalam AEC : ASEAN Economic Community, ASEAN Political Security Community, dan ASEAN Socio-Culture Community.
Ketiga hal tersebut akan direalisasikan secara bertahap. Untuk langkah pertama yang akan direalisasikan adalah AEC pada akhir 2015 ada 5 hal, yaitu arus bebas barang, arus bebas jasa, arus bebas investasi, arus bebas modal dan arus bebas tenaga kerja terampil. Pada 2016 kesepuluh negara ASEAN harus membebaskan 5 hal di atas untuk menerapkan aturan dari kesepakatan tersebut. Dalam pelaksanaan AEC, negara-negara ASEAN harus memegang teguh prinsip pasar terbuka dan ekonomi yang digerakkan oleh pasar. Konsekuensi diberlakukannya AEC adalah liberalisasi perdagangan barang, jasa, tenaga terampil tanpa hambatan tarif dan nontarif.
Pemerintah, swasta, rakyat harus bahu membahu mewujudkan Indonesia yang mandiri bebas dari segala bentuk penjajahan di bidang apapun. Indonesia yang mandiri dan bebas dari segala bentuk penjajahan dalam bidang apapun terutama untuk saat ini di bidang ekonomi. Kita harus mengubah mindset konsumtif menjadi produktif sehingga kita bisa mengurangi pengeluaran dan memperbesar pemasukan negara. Kita harus meningkatkan Competitive Advantage yang menarik konsumen akan produk kita karena kualitas terjamin & harga yang terjangkau.

Diversifikasi peningkatan nilai tambah dari bahan baku sumber daya alam yang melimpah menjadi produk jadi yang berorientasi ekspor. Kita harus tingkatkan daya saing SDM karena kunci kemajuan bangsa bukan dari kekayaan alamnya melainkan SDM yang ada di dalamnya. Mempersiapkan lulusan perguruan tinggi kita agar mampu berkompetisi dengan SDM lulusan universitas negara ASEAN. Pada era MEA semua profesi harus memiliki sertifikasi tingkat ASEAN dan tiap tenaga profesional harus punya semangat bersaing yang tinggi. Keunggulan tenaga kerja Indonesia harus ditingkatkan dan mereka harus dapat didistribusikan secara merata di seluruh pelosok Indonesia agar persaingan antar tenaga kerja ASEAN dapat kita antisipasi. Maka dari itu StarOfService Indonesia sangat bermanfaat untuk mempertemukan pekerja professional dengan seseorang yang membutuhkan jasa mereka.
StarOfService Indonesia merupakan website ataupun platform yang akan menampilkan jasa-jasa tenaga kerja professional yang cocok dengan kebutuhan pekerjaan anda. Dengan adanya StarOfService akan membantu pekerja professional untuk mendapatkan pekerjaannya sehingga akan menciptakan keefektifan pencarian tenaga kerja. Kontraktor dapat mencari arsitek professional, Seseorang yang akan mengadakan suatu acara dapat mencari jasa catering yang cocok atau ketika sedang terjadi suatu kasus maka kita dapat mencari pengacara yang handal dengan menggunakan StarOfService Indonesia.
Hasil gambar untuk MEA 2016
StarOfService Indonesia diciptakan dengan fokus kepada pengguna. Pengguna cukup memasukkan layanan yang dibutuhkan dan kemudian menginformasikan lokasi. Kemudian, StarOfService akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan pengguna mendapatkan layanan yang cocok dengan kebutuhan. Selanjutnya, StarOfService Indonesia akan menghubungkan pelanggan dengan jasa profesional yang paling sesuai. Didalam platform ini kita dapat melihat profil pekerja, keterampilan serta pengalaman, posisi pekerja saat ini dan harga penawaran yang diajukan.

Dengan demikian StarOfService Indonesia membantu pekerja Indonesia untuk mendapatkan pekerjaannya secara cepat dan efektif sehingga akan memperkecil persaingan tenaga kerja antar negara ASEAN. Hal ini dikarenakan jasa pekerja Indonesia dapat tersalurkan kepada seseorang yang membutuhkan jasa mereka, akses untuk memperoleh tenaga kerja yang berkualitas di negara Indonesia dapat dicari dengan mudah dengan memanfaatkan platform StarOfService Indonesia.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
28 Januari 2016 pukul 10.50 delete

Bagus nih artikelnya semoga bermanfaat untuk menghadapi MEA 2016

Reply
avatar