Hargai Kepalamu dan Sayangi Nyawamu dengan Helm Berstandar SNI

Helm merupakan salah satu perlengkapan utama bagi para pengendara sepeda motor. Perlengkapan ini sengaja dihadirkan untuk melindungi kepala dari benturan keras akibat kecelakaan.  Sering dijumpai berbagai kecelakaan yang terjadi berakibat fatal karena pengendara motor tidak menggunakan helm yang memiliki standar keamanan yang cukup.  Atas dasar tingkat terjadinya kecelakaan pengendara sepeda motor yang tinggi maka polisi pun mewajibkan penggunaan helm yang berstandar kepada seluruh pengendara baik yang membawa motor maupun yang diboncengnya.

            Namun tingkat kesadaran pengendara untuk memakai helm yang berstandar Standar Nasional Indonesia (SNI) masih rendah. Kebanyakan para pengendara tidak memakai helm saat berkendara meskipun jarak tempuhnya dekat. Selain itu banyak ditemukan pengendara tidak memakai helm yang berstandar SNI, rata-rata mereka lebih memilih helm yang abal-abal karena harganya lebih murah. Padahal jika dipakai, helm yang tidak sesuai dengan standar SNI tentunya kurang aman dan nyaman sebab helm tersebut dirancang secara asal-asalan.
Helm SNI vs Helm non SNI (Sumber : Dok. Pribadi)

            Banyak pihak-pihak yang coba mencari keuntungan untuk membuat dan menjual helm yang tidak berstandar SNI. Pihak tersebut mengabaikan standar keselamatan dalam membuat helm sehingga produk yang dihasilkan pun tidak aman untuk dipakai apalagi ditujukan bagi pengendara motor jarak jauh. Para pengendara juga banyak yang terkecoh ketika hendak membeli helm berstandar SNI karena para produsen sering mencantumkan logo SNI palsu yang kini marak beredar di tempat penjualan helm.
Logo SNI yang Asli (Sumber : Dok. Pribadi)

            Namun para pengendara tidak perlu khawatir sebab kita dapat memeriksa helm merk apa saja yang sudah berstandar SNI di www.bsn.go.id. Jadi kita sebagai konsumen juga harus cerdas dalam memilih helm yang sesuai dengan standar SNI agar keselamatan kita dalam berkendara juga tetap terjaga. Selain memeriksa apakah helm-helm yang akan kita beli sudah memiliki standar SNI, ada baiknya jika kita mengetahui ciri-ciri helm yang sesuai dengan standar SNI :
1. Bahan pembuat helm merupakan bahan yang kuat dan bukan logam, tahan lapuk dan tahan air serta tidak mudah berubah bentuknya. Helm berstandar SNI tentunya memiliki komposisi yang baik dan bagus serta memiliki standar khusus. Sehingga kita harus jeli dalam memilih helm terutama jika dilihat dari komposisi bahannya, helm berstandar SNI memiliki karakter berat dan mantap saat dipegang.
Helm SNI (Sumber : Google Images)

2.  Harga helm berstandar SNI cukup mahal dan terbukti kualitas serta ketahanannya. Jika kita menemukan helm berstandar SNI dengan harga murah maka dapat dipastikan helm tersebut tidak berstandar SNI. Helm berstandar SNI memiliki harga yang tinggi dikarenakan dalam proses pembuatannya tidak sembarangan dan harus diuji dengan beberapa pengujian.
Contoh Daftar Harga Helm SNI (Sumber : Dok. Pribadi)

3. Cek bagian tali pada helm yang akan dibeli, jika tali ditempel dengan paku dan tanpa braket maka bisa dipastikan helm tersebut tidak berstandar SNI. Lihat logo SNI yang tertera pada helm, logo SNI asli tidak hanya ditempel tetapi juga dicetak pada helm. Jadi perhatikan baik-baik jika ada helm dengan stiker SNI maka dapat dipastikan helm tersebut tidak berstandar SNI.
Cek Bagian Tali Helm (Sumber : Dok. Pribadi)

4. Hal terpenting yang dapat dilakukan agar tetap terjamin helm yang dibeli berstandar SNI adalah dengan mengunjungi dealer-dealer resmi penjual helm. Jangan membeli helm di pinggir jalan apalagi kaki lima sebab bisa jadi helm tersebut belum berstandar SNI meskipun menawarkan harga yang murah.
Contoh Dealer Helm SNI (Sumber : Google Images)

Nah, setelah mengetahui ciri helm berstandar SNI, ada baiknya jika kita juga memiliki pengetahuan serta menerapkan cara menggunakan helm yang baik dan benar. Apabila helm yang kita pakai sudah berstandar SNI maka akan lebih baik dan aman jika kita memperhatikan langkah-langkah memakai helm berikut ini :
1. Pastikan ukuran helm sesuai dengan ukuran kepala kita, tidak terlalu sesak dan tidak terlalu longgar. Helm yang pas sesuai ukuran kepala ditandai dengan posisi helm yang tidak bergoyang-goyang atau longgar saat dipakai. Gelengkan kepala ke kiri dan ke kanan untuk memastikan helm telah terpasang dengan sempurna di kepala kita.
Pilihlah Helm Sesuai Ukuran (Sumber : Dok. Pribadi)

2. Pastikan tali helm tidak terlalu panjang, tapi tetap nyaman saat digunakan dan selalu dalam keadaan terkunci sebelum mulai berkendara. Kunci tali helm harus dalam keadaan baik sehingga tetap terkunci erat saat terhempas.
Kunci Helm "Click" (Sumber : Dok. Pribadi)

3. Turunkan kaca helm ketika hendak berkendara sebab kaca ini berfungsi untuk melindungi area wajah pengendara terutama mata dari polusi, debu, serangga maupun gangguan-gangguan lain yang menyerang wajah. Kaca helm sangat melindungi kita saat berkendara jadi ada baiknya untuk selalu menggunakan kaca helm ketika berkendara.
Atur Kaca Helm (Sumber : Dok. Pribadi)

Jadi setelah kita mengetahui pentingnya memakai helm berstandar SNI, cara memilih helm SNI dan langkah-langkah memakai helm yang baik dan benar maka kita akan meminimalisir dampak yang akan terjadi jika nantinya terjadi kecelakaan. Tentunya standar SNI yang sudah dibuat dalam helm bertujuan untuk melindungi pengendara dari kemungkinan-kemungkinan kecelakaan saat berkendara.

Video Pentingnya Memakai Helm SNI (Sumber : Dok. Caesar Fauzi)

Tidak kebayang kan jika kita tidak memakai helm berstandar SNI, saat terjadi situasi seperti ilustrasi di video tersebut nyawa kita pun dapat saja terancam. Jadi mulai saat ini marilah berbudaya tertib berkendara dimulai dengan memakai helm berstandar SNI agar keselamatanmu terjaga.

Poster Lomba (Sumber : Dok. Panitia)
Tulisan ini didedikasikan dalam rangka peringatan #HariKonsumenNasional yang diselenggarakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) sebagai bentuk #SNIMelindungiKonsumen.


Latest
Previous
Next Post »