Aspek Proyek



Aspek-aspek dalam Manajemen Proyek



Hai viewers yang semoga aja jadi calon asrsitektur,ada bacaan menarik nih untuk difahami mengenai aspek dalam manajmen proyek. Apa saja aspek-aspeknya dapat dilihat sebagai berikut : 

1.      Aspek Keuangan
Aspek ini berkaitan dengan pembelanjaan dan pembiayaan proyek . Biasanya berasal dari modal sendiri dan/atau pinjaman dari bank atau investor dalam jangka pendek atau jangka panjang.

2.      Aspek Anggaran Biaya
Aspek ini berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian biaya selama proyek berlangsung. Perencanaan yang matang dan terperinci akan memudahkan proses pengendalian biaya , sehingga biaya yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang direncanakan.

3.      Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia
Aspek ini berkaitan dengan masalah kebutuhan dan alokasi SDM selama proyek berlangsung. Agar tidak menimbulkan masalah yang komplek , perencanaan SDM didasarkan atas organisasi proyek yang dibentuk sebelumnya dan proses staffing SDM serta tujuan proyek.

4.      Aspek Manajemen Produksi
Aspek ini berkaitan dengan hasil akhir dari proyek akhir. Proyek negatif bila proses perencanaan dan pengendaliannya tidak baik. Agar hal ini tidak terjadi , maka dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan produktivitas SDM, meningkatkan efisiensi proses produksi  dan kerja , meingkatkan kualitas, melalui jaminan mutu, dan pengendalian mutu.



5.      Aspek Harga
Aspek ini berkaian dengan masalah yang disebabkan karena kondisi eksternal dalam hal persaingan harga yang dapat merugikan perusahaan karena produk yang dihasilkan membutuhkan biaya produksi yang tinggi dan kalah bersaing dengan produksi lain.

6.      Aspek Efektivitas dan Efisiensi
Aspek ini apabila tidak terpenuhi dapat merugikan bila fungsi produk yang dihasilkan tidak terpenuhi/tidak efektif, sehingga usaha produksi membutuhkan biaya yang besar.

7.      Aspek Pemasaran
Aspek ini berkaitan dengan perkembangan faktor eksternal  sehubungan dengan persaingan harga, strategi promosi, mutu produk  serta  analisis pasar yang salah terhadap produksi yang dihasilkan.

8.      Aspek Mutu
Aspek ini berkaitan dengan kualitas produk akhir yang nantinya dapat meningkatkan daya saing serta memberikan kepuasan bagi pelanggan.

9.      Aspek Waktu
Aspek waktu dapat menimbulkan kerugian biaya bila terlambat dari yang direncanakan serta akan menguntungkan bila dapat dipercepat. Namun yang paling ideal apabila proses penyelesaian proyek tepat waktu tidak terlalu cepat selesai dikarenakan kebutuhan untuk pemakaian proyek tersebut tidak selamanya dibutuhkan dalam waktu yang cepat.



Previous
Next Post »